Langsung ke konten utama
OPINI TENTANG KEHIDUPAN DI LINGKUNGAN UPI KAMPUS CIBIRU

Pada Mata Kuliah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, kami diberi tugas untuk mewawancara Kakak Tingkat angkatan 2016, 2015 dan 2014, dengan masing-masing 5 orang perangkatan. Isi dari wawancara mengenai opini tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan UPI Kampus Cibiru. Dalam pengerjaannya kami diberi waktu seminggu  untuk penyelesaian tugas wawancara ini. Banyak sekali pendapat tentang kehidupan dan aktivitas yang terjadi dilingkungan UPI Kampus Cibiru. Waktu dan tempat pelaksaan dilakukan pada hari rabu tanggal 6 September dan hari kamis tanggal 7 September di lingkungan UPI Kampus Cibiru. Kami bertanya kepada beberapa kakak tingkat dengan 5 pertanyaan.
Adapun pertanyaannya sebagai berikut.
1.      Bagaimana kehidupan organisasi mahasiswa di Kampus Cibiru?
2.      Bagaimana kehidupan sosial/pertemanan mahasiswanya?
3.      Bagaimana cara untuk mendapatkan nilai tinggi di setiap perkuliahan?
4.   Bagaimna interaksi dengan sivitas akademik UPI Kampus Cibiru? (Dosen, Karyawan, Kakak Kelas, Adik Kelas, Alumni dan Masyarakat sekitar)?
5.      Saran untuk mahasiswa baru di kehidupan akademis, organisasi, dan sosial!
Pertama yang kita cari adalah kakak tingkat angkatan 2016 karena banyak kakak tingkat angkatan 2016 sehingga tidak sulit untuk dicari. Kami bertanya kepada angkatan 2016 dan jawaban mereka pun berbeda-beda. Selanjutnya kami bertanya kepada angkatan 2015, dan terakhir kami bertanya kepada angkatan 2014 yang dimana kakak-kakak tingkat angkatan ini cukup sulit dicari karena sudah jarang berada di kampus. Akhirnya setelah mencari dengan susah payah kita berhasil bertemu dengan beberapa angkatan 2014. Dan ini jawaban dari pertanyaan yang kita ajukan kepada kakak-kakak tingkat angkatan 2016, 2015 dan 2014 tentang Opini Kehidupan Di Lingkungan UPI Kampus Cibiru.

Angkatan 2016
1.      Nama               : Ilham Ramdani
Kelas               : 3C 
Jurusan            : PGSD
Asal                 : Bandung

1.   Organisasi di Kampus Cibiru berjalan dengan lancar, namun ada hambatan yaitu sumber daya mahasiswa yang kurang dikarenakan populasi laki-laki dan perempuan tidak seimbang, jaid untuk organisasinya sendiri kurang seimbang.
2.     Di Kampus Cibiru cukup baik, mahasiswanya ramah dan saling menghormati satu sama lain.
3.   Untuk meraih nilai tinggi sebenarnya susah-susah gampang yang terpenting adalah menuruti dosen, kehadiran, mengerjakan tugas.
4.  Untuk komunikasi Alhamdulillah lancar karena sivitas akademiknya sangat berbaur. Seperti, ketika mahasiswa ke akademik, apabila kita menanyakan perihal akademik, mereka cukup baik dan respon sangat positif.
5.  Untuk mahasiswa baru diusahakan mengikuti UKM dan ORMAWA, harus dapat ikut serta mengkatifkan kampus dan jangan sampai kampus sepi, dan juga jangan menjadi mahasiswa kupu-kupu.

2.      Nama              : Yusmia Nurastiya
Kelas               : 3C
Jurusan            : PGSD
Asal                 : Bandung

1.    Banyak program kerja dari ORMAWA, jadi tidak pernah sepi, setiap ORMAWA juga selalu damai. Pimpinan ORMAWAnya juga pada bijak.
2.   Individualis pada mahasiswa sedikit, kerja sama masih kuat. Senyum, salam, sapa, sopan dan santun masih dipegang teguh.
3.     Jangan pernah ngambil sesuatu dari nilai terlebih dahulu, tetapi harus lihat proses. Jika berproses pasti dapat hasil yang paling terbaik.
4.   Cara  berinteraksi : kita harus supel, tapi harus bisa menempatkan diri kita berbicara dengan siapa. Kita harus sopan, senyum terlebih dahulu
5.      Jaga terus 5S nya senyum, salam, sapa, sopan dan santun. Misalnya, jika ada kakak tingkat yang memang jutek, jangan dibalas dengan kejutekan kembali. Untuk mahasiswa baru semangat mengerjakan tugasnya, lihat terlebih dahulu prosesnya, jangan orientasi ke nilai.

3.      Nama               : Andini Putri
Kelas               : 3A
Jurusan            : PGSD
Asal                 : Padang

1.    ORMAWA di Kampus Cibiru bisa dibilang baik, karena ada interaksi. Misalnya jika ada salah satu ORMAWA yang memiliki acara, organisasi yang lain pasti ada partisipasinya.
2.     Kehidupan sosialnya baik, tidak ada senioritas. Jika setiap bertemu selalu salam, senyum, sapa.
3.    Cara mendapatkan nilai tinggi harus belajar baik, jangan malu menyampaikan pendapat meskipun salah.
4.      Interaksinya jika bertemu mengucapkan salam, pokoknya seramah mungkin.
5.  Bersikap baik ke dosen. Mengikuti organisasi, karena organisasi itu penting, tidak hanya mendapatkan banyak teman, pengalaman, tetapi jika kita sudah masuk ke organisasi pasti mengetahui mengapa harus masuk organisasi itu sendiri. Untuk nilai, jangan menunda-nunda tugas.


4.      Nama               : Kurnia Putra
Kelas               : 3F
Jurusan            : PGSD
Asal                 : Cicalengka

1. Organisasi sudah baik, sudah bisa untuk menampung bakat dari mahasiswanya dan kekurangannya yaitu mahasiswanya yang sedikit berbeda dari kampus yang lain. Jadi orang yang bergabung  di organisasi hanya itu-itu saja.
2.   Kehidupan sosialnya sangat bagus, karena hubungannya tidak ada senioritas. Selama mereka ramah pasti kita akan akrab.
3.      Kenali dosen, penuhi tugas dari dosen, aktif di kelas
4.    Harus ramah, sapa, sopan, dan jangan sombong. Jangan hanya dosen yang selalu dihormati, tetapi sivitas akademik  UPI Kampus Cibiru yang lainnya seperti satpam dan karyawan pun harus dihormati, jangan membeda-bedakan.
5.      Aktif, harus ikut organisasi karena dapat menambah wawasan, teman, melatih sosialisasi.

5.      Nama               : Feri Perandika
      Kelas               : 3F
      Jurusan            : PGSD
      Asal                 : Majalengka

1.     Organisasi belum sempurna, masih banyak kekurangan, masih banyak yang harus diperbaiki lagi terutama dari sumber daya manusianya yang kurang, dan juga tingkat atas yang kurang berpartisipasi dalam berorganisasi.
2.    Pertemanan di Kampus Cibiru cukup baik, terutama dari tingkat 2,3, sampai tingkat atas saling bersosialisasi, saling berinteraksi, saling mendukung untuk memajukan kampus, membimbing adik-adiknya, membimbing dalam UKM dan ORMAWAnya.
3.    Harus belajar, niat, jangan sungkan  kepada dosen jika ingin konsultasi dalam pelajaran, harus aktif, harus mengetahui semua sikap dosen .
4.    Tidak boleh malu, yang penting kita punya sopan santun dan tatakrama, harus menghormati orang lain.
5. Sarannya cukup simple, yang penting aktif di kampus, belajar yang rajin agar dapat membanggakan kampus ini, jangan lupa 3S (senyum, salam, sapa) agar bisa mempererat tali silaturahmi.




Angkatan 2015

1.      Nama         : Rosi Nurdian
Kelas         : 5 Paket 3
Jurusan      : PGSD
Asal           : Majalengka

1.    ORMAWA di Kampus Cibiru tidak se expert seperti di UPI Pusat, karena di UPI Cibiru ruang lingkupnya kecil
2.   Pertemanan mahasiswa di UPI Kampus Cibiru, meskipun laki-lakinya sedikit tetapi bisa berbaur
3.      Aktif di kelas, kemudian aktif di ORMAWA juga. Jadikan ORMAWA sebagai jembatan kita untuk mendapatkan nilai tinggi tersebut, karena di ORMAWA juga kita bisa  kenal sama dosen.
4.    Berinterakasi dengan sivitas akademik, kita jangan mandang itu siapa, tapi kita harus sapa dan menghormati semua.
5.    Jangan takut mengikuti organisasi dan UKM di Kampus, meskipun waktu tersita tapi dari waktu tersebutlah mendapatkan makna yang lebih. Intinya tetap semangat.

2.      Nama         : Elvia Safana 
Kelas         : 5 paket 1
Jurusan      : PGSD
Asal           : Cimahi

1.      Organisasi sudah baik juga sudah banyak organisasi yang bisa menjuruskan minat dan bakat kalian
2.    Baik sekali karena sosialisasi disini ruang lingkupnya kecil jadi mengetahui satu sama lain. Satu angkatan pasti akrab juga kenal semua.
3.    Rajin belajar harus memiliki motivasi yang tinggi juga banyak, harus mempunyai semangat juga.
4.      Harus saling menghormati, menghargai, juga sopan santun.
5.  Tetap semangat jangan lupa berorganisasi karena bergabung dengan organisasi itu juga penting, jadi untuk melatih softskil.



3.    Nama                     : Fitri Oktavia Putri Asni
           Kelas                     : 5 Paket 1
           Jurusan                  : PGSD
          Asal                       : Bandung

1.     Organisasi di UPI Kampus Cibiru cukup banyak, ada UKM, ORMAWA dan BSO. Tetapi sedikit bila dibandingkan dengan kampus besar. Organisasi di UPI Kampus Cibiru cukup mumpuni untuk di setiap bidangnya.Untuk yang menempati organisasi tersebut cukup aktif . Namun, hanya orang tertentu  yang mengkuti UKM atau ORMAWA lebih dari satu.
2.      Kehidupan  sosial mahasiswanya baik, tidak membeda-bedakan dari status.
3.   Harus memiliki 3 aspek yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Kognitif yaitu sebelum kuliah, kita harus memahami materi terlebih dahulu. Afektif, kita harus tetap menjaga budaya ke-Timuran, Walupun  sudah,  modernisasi, bukan berarti gaya kita ikut ke-Barat-baratan.Psikomotor, kita harus sering latihan,  ikut seminar, ikut kegiatan. Kita harus aktif dan juga lihat karakter dosen.
4.      Kita harus menghargai, sopan santun, ramah ke setiap sivitas akademik.
5.   Saran dari bidang akademiknya, sering membaca, mengikuti seminar, workshop tentang  pelatihan maupun pendidikan. Jika dari sisi organisasinya, tidak boleh kuliah pulang kuliah pulang (kupu-kupu) karena ada hal yang tidak bisa dipelajari di bangku kelas dan hanya bisa belajar di organisasi. Dari bidang sosial, harus murah senyum, kurangi egoisnya karena harus lebih mementingkan perasaan, kebutuhan orang lain.

4.      Nama                     : Karya Inra
Kelas                     : 5
Jurusan                  : PGSD
Asal                       : Sumedang

1.    Kehidupan organisasi di UPI Kampus Cibiru baik, banyak kegiatan yang diselenggarakan. Namun, hambatannya yaitu sumber daya manusia karena  yang mengikuti organisasi hanya sebagian kecil dari mahasiswa.
2.     Pertemanan di Kampus Cibiru akan sangat erat karena kita ketahui bahwa kampus kita ini sangat kecil, mungkin besok saya akan bertemu dengan Anda-Anda semua  jadi ruang lingkup yang kecil membuat intensitas pertemuannya menjadi lebih besar.
3.    Untuk mendapatkan nilai tinggi, sebenarnya kembali ke diri masing-masing  karena setiap orang mempunyai gaya belajar dan motivasi yang berbeda-beda, biasakan menyimak dengan baik, dan juga harus mengetahui karakter setiap dosen.
4.      Kita harus mempunyai etika jika berinteraksi dengan siapapun.
5.     Sarannya, harus bisa menyeimbangkan antara kuliah di kelas dan kuliah di luar kelas, silahkan salurkan potensi dan minat untuk mengikuti organisasi baik itu ORMAWA maupun UKM.

5.      Nama                     : Rayana Sopiatun
      Kelas                    : 5 Paket 3
      Jurusan                  : PGSD
      Asal                       : Pati, Jawa Tengah

1.      Kehidupan organisasi saling berdampingan, saling bahu membahu, dan saling membantu.
2.    Kehidupan  sosial/pertemanan karena daerah sini masuknya kabupaten jadi tidak terlalu ramai, kalau dalam pertemanan  menyenangkan karena tidak ada kecanggungan antar tingkat
3.   Untuk mendapat nilai tinggi, kita harus sopan, sering mengeluarkan pendapat dan sering aktif sehingga dosen mempertimbangkan untuk memberikan nilai.
4.    Interaksi antara sivitas akademik, tetap jaga 5S nya, dan jangan membedakan antara dosen, yang di akademik dan yang di pos satpam pokoknya semuanya sama.
5.   Sarannya, harus ikut organisasi, karena dalam organisasi kita bisa ikut berperan dalam kuliah, harus menyeimbangan antara akademik dan organisasi.




Angkatan 2014
1.      Nama               : Tria Farizah
Kelas               : 7 Paket 3
Jurusan            : PGSD
Asal                 : Cirebon

1.    Kehidupan organisasi di Kampus Cibiru termasuk aktif dan produktif karena setiap tahun ada program-program kerja yang dilaksanakan dan yang paling kelihatan mahasiswa seperti seminar, workshop, mokaku, mabim dll. Disini juga baik yang mahasiswa organisasi maupun bukan organisasi tetap aktif dalam satu naungan karena UKM dan ORMAWA memfasilitasi kegiatan kemahasiswaan.
2.   Pertemana di Kampus Cibiru itu terbilang akrab, meskipun  kita tidak tahu namanya minimal ketika bertemu dengan orang lain itu senyum dan selalu menyapa mungkin itu karena kampus kita yang kecil, religius dan ramah sehingga karakter mahasiwa ikut terbawa oleh budaya kampus.
3.      Kita harus bisa membagi  waktu untuk belajar
4.      Kita harus menerapkan budaya ramah tamah, budaya saling sapa, sikap dan perilaku yang baik.
5.   Jadilah mahasiswa yang aktif baik akademik maupun organisasi, harus bisa membagi waktu antara keduanya, dan juga jangan takut nilai akademik turun karena  mengikuti organisasi. Bahkan mengikuti organisasi menjadi sebuah tantangan tersendiri buat belajar tentang disiplin, tanggung jawab.

2.      Nama               : Widya Ningsih
Kelas               : 7 Paket 3
Jurusan            : PGSD
Asal                 : Bandung

1.      Kehidupan organisasi berjalan aktif karena setiap organisasi memiliki kegiatan masing-masing.
2.      Pertemanan mahasiswa di Kampus Cibiru baik karena mahasiswa berteman dengan siapa saja.
3.      Rajin kuliah, harus aktif, tugas kerjain tepat waktu.
4.      Harus sopan santun, senyum, salam
5.      Mengikuti semua kegiatan yang diadakan di Kampus karena semua kegiatan bermanfaat.

3.      Nama               : Ela Siti Komalasari
Kelas               : 7 Paket 3
Jurusan            : PGSD
Asal                 : Ciamis

1.   Kehidupan ORMAWA dan UKM baik. Namun, ruang lingkup ORMAWA dan UKM di Kampus Cibiru belum terlalu luas jadi lebih aktif di lingkungan sendiri.
2.      Orang-orang di Kampus Cibiru ramah, tidak membeda-bedakan status orang.
3.      Intinya belajar, percaya diri, dan berdo’a. Kita juga harus mengetahui karakter dosen.
4.    Kita harus budayakan 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun). Misalnya jika ingin ke akademik, kita juga harus mengetahui alurnya. Bahasa yang digunakan juga harus sesuai.
5.   Di bidang akademik, rajin belajar, harus percaya diri. Di bidang organisasi, jika sudah masuk dalam satu organisasi harus konsisten. Di bidang sosial, harus memiliki sikap yang sopan.

4.      Nama               : Neni Rohayati
Kelas               : 7 Paket 3
Jurusan            : PGSD
Asal                 : Sumedang

1.      Kehidupan organisasi mahasiswa sangat beragam, ada yang aktif dan ada juga yang tidak aktif di organisasi.
2.   Kehidupan sosial sudah baik karena ruang lingkup juga tidak terlalu luas menjadikan sangat mudah bersosialisasi antara teman yang satu dan yang lainnya.
3.    Untuk mendapatkan nilai yang tinggi, kembali lagi kepada pribadi masing-masing. Ketika kita mempunyai suatu tujuan otomatis kita harus menggapainya, salahsatunya kita harus rajin belajar dan juga banyak berdo’a.
4.      Interaksinya, kita harus saling menghormati satu sama lainnya dan harus dijaga komunikasinya.
5.     Rajin belajar, jaga interaksi antara yang satu dan yang lainnya, ikuti organisasi yang sesuai dengan minat karena organisasi baik buat ke depannya.

5.                              Nama               : Rosa Diana
            Kelas               : 7 Paket 3
            Jurusan            : PGSD
             Asal                : Bandung
1.      Kehidupan organisasi di Kampus Cibiru baik, aktif. Tetapi kekurangannya ruang lingkup lebih di kampus saja, tidak sering keluar.
2.    Kehidupan sosialnya baik, tidak ada stratifikasi antara kelompok kelas atas dan kelas bawah dan tidak melihat dari perihal ekonomi.
3.      Yang utama jangan lupa berdo’a, cari referensi sebanyak mungkin sebelum memulai perkuliahan, dan pahami karakteristik yang dinilai sama dosen, karen ada dosen yang menilai dari keaktifannya, dari tugasnya.
4.     Jangan lupa sopan santun, senyum, salam, sapa. Kita juga harus saling menghormati dan saling menghargai, dan juga harus mengetahui alur jika kita ingin bertanya ke akademik.
5.      Dalam bidang akademik, jangan lupa belajar, jaga motivasi. Dalam organisasi, alangkah baiknya mengikuti satu organisasi tapi fokus daripada banyak organisasi tapi kewalahan. Dalam sosial, jangan lupa sopan santun, jangan sombong dan rendah hati.

Kesimpulan:
1.      Organisasi di UPI Kampus Cibiru baik, karena sudah bisa menampung bakat dan minat mahasiswa dan  juga banyak kegiatan yang diselenggarakan oleh organisasi. Namun, masih terdapat kekurangan yaitu sumber daya manusia karena  yang mengikuti organisasi hanya sebagian kecil dari mahasiswa serta ruang lingkup yang kecil membuat organisasi lebih aktif di kampus sendiri dan tidak sering keluar.
2.      Kehidupan  sosial/pertemanan di Kampus Cibiru sangat baik karena para mahasiswa selalu membudayakan  5S (Senyum, salam, sapa, sopan, dan santun)  dan saling menghormati satu sama lain sehingga tidak membeda-bedakan.
3.      Untuk mendapatkan nilai tinggi yaitu harus rajin belajar, mengerjakan tugas tepat waktu, aktif di akademik maupun di organisasi dan harus mengetahui karakter setiap dosen  sehingga kita harus mentaati aturan setiap dosen.
4.      Kita harus berinteraksi dengan sivitas akademik dengan baik, saling menghormati, saling menghargai, ramah, sopan dan santun.
5.      Saran dalam bidang akademik yaitu rajin belajar, rajin membaca, dan aktif di kelas. Dalam bidang organisasi yaitu mengikuti organisasi sesuai minat dan bakat, karena organisasi sangat penting dan banyak manfaatnya seperti melatih sosialisasi, menambah wawasan,  serta belajar tentang disiplin dan tanggung jawab.

Selamat Membaca di Blog Kami....



Dokumentasi:
        




Kelompok 1 :
Dewi Ayu Lestari (1701433)
Elsya Fitriani Nurazizah Utami (1703364)
Obi Muhamad Furqon Ali (1705472)
Siti Nurjanah (1705920)

Kelas 1D PGSD









Komentar